News Trending

Mulai dari mana belajar linux ubuntu

ad+1

Ubuntu Tutorial

Ubuntu sebuah distro linux populer karena selalu update setiap 6 bulan sekali dengan pembaharuan sistem yang cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Sebelum kita bahas materi tentang bagaimana dan darimana memulai belajar linux ubuntu , flashback sebentar tentang ubuntu.

Ubuntu merupakan sistem operasi linux turunan dari debian yang dikembangkan dibawah sebuah perusahaan bernama Canonical, sebuah perusahaan di Afrika Selatan yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth. Ubuntu memiliki jadwal rilis 6 bulan sekali, ada 2  ubuntu yang di kembangkan yaitu ubuntu biasa dan ubuntu LTS (Long Term Support). Bingung mau pilih apa antara ubuntu yang LTS atau Non-LTS ? 

Ubuntu yang di rilis setiap 6 bulan sekali atau non-LTS memiliki dukungan 18 bulan untuk pembaharuan sistem, keamanan dan kesalahan / bug. sedangkan untuk LTS lebih lama, Ubuntu LTS akan dirilis setiap 2 tahun sekali dengan kode versi genap (6.06,8.04,10,04,12.04,14.04,16.04) dan mempunyai dukungan 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server.

Akhir-akhir ini banyak sekali pengguna windows yang sudah mulai bermigrasi ke linux, nggak cuma linux ubuntu aja ke distro lain pun banyak ada elementary, debian, linuxmint, arch linux, manjaro, kali linux, cesntos mageia dan distro lainnya, dari lokal ada igos, blankon, grambyang, tealinuxos,desa os, dracos linux, tetapi mereka kurang ada niatan untuk menggunakan linux, jadi habis install sudah selesai.

memang baru pemula menggunakan linux tapi langkah belajar linux tidak sampai disitu, jalan pemikiran yang harus dirubah bahwa linux bukan windows, linux itu istimewa, linux itu spesial, kenapa ? ya karena memang berbeda. windows dan linux itu dua sisi sistem operasi yang berbeda, windows ibarat dia seorang cewek cantik, body seksi, paras rupawan, apa yang kita mau pasti dikasih sama dia, sedangkan linux itu cewek yang tidak cuma cantik tapi juga handal, punya keahlian, dia punya bakat terpendam tetapi bakat dia tidak bisa muncul kecuali jikalau tidak karena empunya yang ngasah. terus harus bagaimana dan dari mana belajar linux ?

  1. Melakukan Installasi Linux
    ini harus wajib, kan mau belajar masak nggak mau install linuxnya ? takut data hilang waktu install linux ?! kenapa takut ? ada virtual machine ada docker yang bisa membantu kamu jika takut install. masih ga mau install ? cara install linux ubuntu.

    waktu installasi linux akan kamu dapati ilmu baru, tahap awal kamu akan mengenal begitu spesialnya dia dari yang lain, dan kamu akan merasa bangga nanti jika kamu sudah bisa melakukan installasi linux. kog bisa bangga ? jawab sendiri setelah mencoba ya :)
  2. Lakukan Explorasi Sistem Operasi Ubuntu
    setelah di install bingung mau ngapain, tampilannya aneh nggak seperti windows :( .... iya memang kan aku sudah bilang linux itu berbeda dan istimewa, dari menu pengelolaan file, file browsernya, task activitynya, aplikasi yang digunakan, cara installasi paket, itu berbeda. yang pertama hilangkan pemikiran / menset tentang linux harus sama dengan windows, orang aja ga mau disama-samain, kamu mau nyama-nyamain linux dan windows :p...

    Coba buka ubuntu kalian kemudian cobalah buka file browser, file manager, direktori yang ada di sistem dan beberapa aplikasi bawaan yang ada di linux. file manager ubuntu menggunakan nautilus sebagai file browser bawaan. di update terbaru tampilan yang diberikan berbeda dengan versi lamanya, tampilan lebih menarik dengan user experience yang pas. direktori sistem ada folder /, /usr, /etc,/var dan masih banyak lagi, coba buka satu-satu foldernya apa yang berbeda dari setiap folder ? apa fungsi dari folder tersebut ?. kemudian dari aplikasi yang digunakan task manager di windows itu ada di linux dengan nama aplikasi system monitoring atau bisa menggunakan command line.
  3.  Install beberapa aplikasi yang akan digunakan
    untuk tahap awal install beberapa paket yang penting terlebi dahulu saja, paket aplikasi yang akan kamu gunakan. ubuntu yang masih  fresh  baru di install dia tidak bisa memutar file mp3, video, maka cobalah dari sini untuk menginstall paket tambahan agar linux bisa memutar file mp3 dan video. cara menginstall aplikasi linux ubuntu itu menggunakan apt dan synaptic, di ubuntu sudah ada store aplikasi jika kamu masih ragu untuk mencoba menginstall aplikasi dari command line / terminal. di store modelnya seperti layaknya playstore, cari aplikasi yang mau di install kemudian klik install selesai. kamu juga bisa menginstall aplikasi linux ubuntu secara offline
    Cara install aplikasi ubuntu offline
    selain menggunakan apt,  juga ada aplikasi yang harus di build terlebih dahulu sebelum bisa di install di sistem linux, biasanya file ini bentuknya tarball file. (tar.gz, tar.bz, zip). nah cobalah untuk menginstall aplikasi jenis ini.
  4. Coba try and error
    selagi kamu masih mencoba untuk menginstall aplikasi bentuk apt baik itu secara online atau offline atau juga aplikasi tarball, jangan pernah menyerah jika suatu saat kamu menemui masalah. coba-cobalah untuk mencari solusinya di google terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu bertanya di forum, karena kunci jawaban kamu di forum itu kamu harus mencoba dulu sebelum bertanya.

    nggak bisa nyari solusinya, nggak nemu cara menyelesaikan masalahnya, cobalah untuk menggunakan teknik google hacking, teknik pencarian yang bagus untuk mencari solusi di internet.
  5. Main ke forum dan bantu mereka yang masih belajar
    Memang kamu masih belajar, tetapi hal yang akan membuatmu lebih paham dengan linux lebih dekat dengan linux, adalah salah satunya dengan kamu membantu mereka yang baru belajar juga. di forum banyak beberapa topik menarik untuk di coba.

    berikut beberapa forum dan grup yang bisa kamu kunjungi:
    - Ubuntu indonesia (http://ubuntu-indonesia.com)
    - Group ubuntu indonesia (https://www.facebook.com/groups/2327054593/)
    - Bisa email ke email saya :
    kelasbelajarlinux@gmail.com




0 komentar: