News Trending

Membuat Daftar Isi Otomatis di WPS Office

ad+1

Daftar Isi - Ketika berkutat dengan sebuah laporan, makalah skripsi, buku, tidak lepas dengan namanya daftar isi. Membuat daftar isi yang bisa di regenerate dari tulisan yang sudah dibuat atau sudah direncanakan dari awal memang bisa menghemat waktu.

Apa maksud dari tulisan ini ? ya, tulisan ini akan membahas cara mudah membuat daftar isi. Ada yang celoteh "buat manual ketik bab terus kasih line dan nomer halaman selesai", memang bisa tapi bagaimana jika ada cara yang lebih mudah dan menghemat waktu bukankah lebih efisien ?

Membuat Daftar Isi Otomatis di WPS Office

Perlu di ketahui, tutorial kali ini khusus untuk aplikasi WPS Office, untuk office yang lain seperti LibreOffice akan menyusul, Microsoft Office bagaimana ? cari aja di gugel udah banyak :p.
Masuk intro dulu ya, WPS Office adalah sebuah aplikasi pengolahan data seperti perhitungan, presentasi, laporan yang dapat digunakan di platform linux, windows dan android dan pastinya aplikasi ini bebas digunakan tanpa harus beli lisensi seperti yang sudah ada.

Ada 2 kondisi dimana daftar isi dapat dibuat:
  1. Sudah ada dokumennya, tinggal buat daftar isi saja.
  2. Belum ada dokumen, baru mulai membuat dokumen.
Kondisi diatas beda cara jadi harap diperhatikan, dimana kondisi Kamu saat ini. Pengenalan daftar isi, ada komponen-komponen yang harus ada sehingga bisa dibuat. Komponen itu adalah Heading 1, Heading 2, Heading 3 dst, Caption Gambar, Caption Images. Jadi pastikan dokumen memilikinya bukan judul / sub judul dokumen font yang dibuat ukuran seperti Heading.

  1. Daftar Isi Otomatis Dengan Data Yang Sudah Ada.

    Dokumen makalah, laporan atau sejenisnya yang sudah dibuat hanya saja daftar isi tidak ada, nah ini maksud dari "Data yang sudah ada". Lanjut langkah membuatnya, berikut sample data yang sudah ada:

    Gambar 1.1 Bab 1 Pendahuluan

    Gambar 1.2 Bab 2 Model Sistem Aplikasi
    Data diatas belum ada Heading, pengaturan ukuran font saja. bukan heading. selanjutnya ada 2 kelompok yang harus kita ubah, Bab 1 dan Bab 2. Detail perubahan ada dibawah ini :
    BAB 1BAB 2Kondisi
    BAB 1 PendahuluanBAB 2 Sistem AplikasiHeading 1 / Level 1
    1.1 Pengertian Anu2.1 Model Anu sistemHeading 2 / Level 2
    1.2 Pengertian Punya Anu2.2 Model Jenis Sistem Anu-AnuHeading 2 / Level 2
    1.2.1 Jenis-jenis AnuHeading 3 / Level 3
    1.2.2 Komponen AnuHeading 3 / Level 3
  2. Berikut Langkah-langkah untuk menggantinya :

    1.  Pada tulisan "BAB 1 PENDAHULUAN", ini jadi satu kalau mau dibikin 2 baris setelah angka "1", tekan "shift + enter". Kenapa tidak di "Enter" saja ?, karena jika dilakukan itu akan membat baris baru yang berbeda.
    2. Block pada tulisan "BAB 1 PENDAHULUAN", kemudian buka menu "References", pada sub menu "TOC Level" pilih "Level 1". "Lakukan hal yang sama pada BAB 2 SISTEM APLIKASI".

      Gambar 2.1 BAB 1 dan BAB 2 TOC Leveling 1
    3. Selanjutnya merubah ke heading 2 pada "Sub Judul", yaitu pada pengertian anu, model anu sistem, pengertian punya anu, model jenis sistem anu-anu. Langkahnya sama pada tahap sebelumnya "block pada sub judul" kemudian pilih menu "references", pilih menu "TOC Level" dan pilih "Level 2".

      Gambar 3.1 Leveling 2 pada sub judul
    4. Pada langkah selanjutnya leveling 3 sub sub judul (penyebutannya menurut penulis, jika salah mohon koreksnya :D). Perubahan akan dilakukan pada bagian Jenis-jenis anu dan komponen anu, langkahnya sama dengan tahap sebelumnya hanya pada TOC Level pilih level 3.
      Gambar 4.1 Leveling 3 untuk Sub dari Sub Judul
    5. Selanjutnya langkah terakhir, membuat daftar isi. Tambahkan halaman baru sebelum Bab 1, dengan cara pilih menu "Insert" kemudian pilih "Breaks" kemudian pilih "Page Break". Setelah itu buka menu "References", Kemudian pilih "Inser TOC" dan pilih Ok.

      Gambar 5.1 Membuat Daftar ISI
  3. Daftar Isi Otomatis Dari Awal (Data belum ada).

0 komentar: