News Trending

Mudahnya Installasi Aplikasi Kali Linux di Ubuntu dan Turunan Debian

ad+1

Mudahnya Installasi Aplikasi Kali Linux di Ubuntu dan Turunan Debian

Aplikasi Kali Linux - Aplikasi yang dimaksud disini adalah aplikasi Pentesting / Penetrasi Testing, yang mana tools ini banyak sekali jumlahnya dan banyak sekali manfaatnya. Banyak yang mencari tutorialnya tapi belom tahu itu nanti untuk apa. Bagi kalian yang mau install aplikasinya hanya untuk pamer ke teman-teman, show off ke grup biar di anggap hacker mending ga usah lah malu-maluin, Kali bukan untuk pamer bro, atau biar di anggap hacker, ga serendah itu Sistem Operasi itu dibuat.

Dalam pengujiannya sudah saya coba di distro Ubuntu lancar dan berhasil, jika ubuntu saja bisa kemungkinan untuk turunan yang masih sama juga bisa, misal distro Linux Mint, Elementary OS, Debian, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, DE2, Symphony OS, Knoppix dan masih banyak lagi. Untuk lebih detailnya bisa lihat gambar berikut :

Debian Based Family


Bagaimana dengan Distro yang lain, silahkan coba saja dulu, Jika terjadi masalah bisa lapor di kolom komentar, siapa tahu saya bisa bantu :D

Sebelum lanjut asusmsi saja sudah mempunyai sistem operasi Linux Ubuntu atau Linux Mint di komputer, koneksi harus stabil karena jika memilih semua tools di download dan diinstall kurang lebih 1GB-2GB, namun jika memilih aplikasi berdasarkan kategori apa yang mau di install atau hanya memilih satu aplikasi saja tidak perlu stabil tapi cepat saja udah bagus...heheh

 lanjut ... Melakukan install aplikasi melalui aplikasi, lebih tepatnya seperti itu. Jadi tools pentes akan di install melalui aplikasi yang disebut dengan "Katoolin", reponya ada di https://github.com/LionSec/katoolin, si Kat ini basisnya python, rekomendasi saya jalanin menggunakan python2 soalnya kemarin sempet coba menggunakan python3 ada yang error (Berlaku jika katoolin belom available di python3).

Tahap awal buka terminal, cek python yang sudah diinstall di kompter dengan perintah "python -V", maka akan muncul versi python yang digunakan.

Gambar menunjukkan ada 2 python di sistem operasi saya yaitu python2.7 dan python3.4

Versi python yang digunakan secara default ketika perintah python di jalankan adalah v.2.7.6



Jika versi python yang muncul v.3 silahkan coba untuk menjalankan perintah "python2 -V" atau "python2.7 -V".
*perintah tanpa tanda petik ""

Selanjutnya download file katoolin dari repo, sekaligus installasi ke sistem (installasi disini melakukan copy file ke direktori aplikasi linux /usr/bin dengan nama "katoolin").  Perintah yang digunakan "git clone https://github.com/LionSec/katoolin.git && cp katoolin/katoolin.py /usr/bin/katoolin". Jika keluar pesan notifikasi bahwa aplikasi yang berkaitan yaitu git belom disintall silahkan lakukan installasi aplikasi git.

Pesan bahwa aplikasi git belom terinstall

Install Aplikasi Git
Install Aplikasi git menggunakan perintah : sudo apt-get install git

Error - Download file dari repo

Perhatikan gambar yang ketiga diatas (Error - Download file dari repo), terjadi error ketika melakukan installasi ke sistem yang dapat dilihat pada kata "cp: cannot create regular file ‘/usr/bin/katoolin’: Permission denied". Cara selanjutnya melakukan installasi file ke sistem ikuti langkahnya:
Pastikan folder katoolin sudah ada di komputer dari proses download repo pada langkah sebelumnya.

Direktori Katoolin

Masuk ke foldernya dan pastikan kembali file pythonnya ada

Katoolin ada

Lakukan installasi file pythonnya ke sistem /usr/bin/katoolin

installasi katoolin ke sistem /usr/bin/katoolin

Sampai disini installasi selesai, jika tidak mau ribet, silahkan sebelom mendownload file reponya. Pada langkah ini "git clone https://github.com/LionSec/katoolin.git && cp katoolin/katoolin.py /usr/bin/katoolin", masuk pada mode user root.



Berikan akses executable, berhubung tadi sudah di lakukan installasi jadi pathnya berubah menjadi /usr/bin/katoolin bukan katoolin.py.

chmod +x /usr/bin/katoolin

Hak akses file akan berubah menjadi executable (rwxr xr r) dan berwarna (etc. hijau), jika tidak pastikan perintah yang dimasukkan benar

Jalankan Katoolin dengan perintah "sudo katoolin".

Katoolin berhasil berjalan

 Catatan :
  • Typing the number of a tool will install it
  • Typing 0 will install all Kali Linux tools
  • Back : Go back
  • gohome : Go to the main menu
  • By installing armitage , you will install metasploit

 

Cara Install Aplikasi Information Gathering

Kasusnya mau install aplikasi untuk pencarian data, pada ketegori ini ada banyak sekali toolnya. Pada menu utama pilih 2 untuk melihat "Kategori" yang tersedia.

Kategori yang tersedia

Pilih Information Gathering

Untuk melakukan installasi semua palikasi yang ada di Information Gathering pilih '0' namun jika aplikasi tertentu silahkan masukkan nomernya berdasasrkan aplikasi yang mau di install.
misalnya : mau install aplikasi nmap nomer 35

Install Nmap


Nmap Berjalan

Selamat mencoba, silahkan tinggalkan komentar di bawah, kalau ada masalah bisa kita diskusikan





0 komentar: