News Trending

Kembali ke Tampilan Login Setelah Login Ubuntu

ad+1

Kembali ke Tampilan Login Setelah Login Ubuntu

Sulit menentukan judul yang pas untuk artikel ini, lebih mudah ketika menggunakan bahasa inggris. Bukannya sok tapi belum menemukan judul yang cocok aja. dalam bahasa inggris artikel ini bisa di beri judul

Ubuntu Returns to Login Screen After Login

Sedikit saya jelaskan tentang artikel ini, kembali ke tampilan login setelah login . beberapa orang pasti sudah mengalaminya, hal ini bisa terjadi setelah melakukan install os baru, melakukan upgrade, atau optimasi performance tampilan, yang sering saya temui karena mengoprek aplikasi Xorg, semua yang menyangkut xorg.

ketika sistem operasi sudah masuk ke tampilan login, pasti kita akan memasukkan username dan password untuk login. setelah itu harusnya masuk ke dasboard desktop tetapi masalah yang muncul sistem operasi kembali lagi ke halaman login meminta untuk memasukkan password dan username lagi. jika memang sudah benar untuk password dan usernamenya lakukan langkah berikut :

  1. Masuk ke mode console
  2. tekan ctrl+alt+f1 
    Untuk f1 bisa diganti dengan f2, f3, f4, f5, f6 disana nanti kamu akan menemui sebuah tampilan layar hitam yang meminta username dan password, silahkan login disana

  3. Masuk ke direktori $HOME, kemudian cek file dengan nama .Xauthority
    cd $HOME && ls -lh
  4. Hapus file nya dengan perintah rm .Xauthority
Tips:
Jika setelah melakukan tips diatas tapi error masih saja terjadi silahkan lakukan langkah berikut, yaitu merubah user-group $HOME dengan username kamu dan mengubah hak permissionnya.
sudo chown -R $USER:$USER $HOME
chmod +x -R $HOME
kemudian lakukan reboot

0 komentar: